Kamis, 20 Januari 2011

Membuat Installer Windows XP Paling Update

Manthab kan judulnya... hohohoho Bikin installer windows paling update. manthab Maksudnya gimana ya... Hmmm pernah dengar Windows XP Pro SP3 Agustus Ed.? Dan edisi-edisi lainnya? Naahh intinya kita mau bikin windows semacam ntuh. pisss

Buat apa? Yaa terserah, mau dibuat jual lagi atau mau dibuat gaya-gaya an punya koleksi windows sejibun dengan edisi-edisi bulan, atau lainnya. weee

Oke langsung ke tutorial cara buatnya...

Persiapan....
  1. CD Instalansi Windows yang masih original, maksudnya siapa tau ada temen atau saudara yang pernah beli windows asli. Original yang saya maksud adalah original yang bener-bener belum diapa-apain. Belum ditambahin ini lah, itulah dan lain sebagainya.

    Bagaimana klo gak punya?

    Amat sangat terpaksa sampeyan mesti download dulu, hehehehe hohohoho

    Silahken download dengan link di bawah ini:



    Jangan lupa daftar dolo biar kenceng downloadnya, silahken daftar di sini, gratis kok, pada bagian paypal kosongin aja.
  2. Download software buat utak-atik windows-nya:

    Setelah di download, diinstall ya, jangan di diemin...hohohoho
  3. Siapkan update-update windows-nya dan software-software yang ingin di intergrasikan ke dalam installer windows.

    Update Win XP SP3
    Silahken download di situs XCABLE, biasanya update perbulan ini link download-nya :


    Windows Genuine Advantage Notifications
    Download juga dari XCABLE


    Tambahan-tambahan software yang ingin diintegrasikan:

    NB: Sesuaikan dengan kebutuhan ya...

    Terserah mau ditambahin atau gak:
    Update Windows Media Player 11


    Software tambahan:

    NB: Software tambahan ini diinstall terlebih dahulu sebelum pake nlite.
  4. Biar enak tanpa nge-burn windows asli bin original bin perawan yang udah di download gunakan aja software virtual driver semacam daemon tools. Pake yang versi gratisan (DAEMON Tools Lite) aja bagus kok, gak masalah, ini link downloadnya

  5. Selesai untuk tahap persiapan.
Tahap Otak-Atik.... bolak-balik
  1. Setelah semua udah tersedia, install yang memang perlu di install, nlite, Windows Media Player 11 Slipstreamer, terus daemon tools (ntar pas instalasi, kalo ditanya pilih yang versi free ya). Apalagi ya??? Oiya file-file update yang di download, itu jangan diekstrak, biarkan apa adanya aja.
  2. Copy-paste semua file windows xp original tadi ke hardisk kamu. Nah disini maksud saya tadi kita perlu software daemon tools. Jadi gak perlu nge-burning ke CD buat copy-paste file-file yang ada dalam installer windows tadi. Cukup sampeyan mount images, terus nanti muncul CD installer-nya di My Computer, yaa udah copy paste aja semuanya.

    Ada sih cara lainnya, kita gak perlu copas sendiri, biar software NLite ini yang ngopas-kannya, kita cukup meng-mount kan images windows original tadi aja. (Saya pakai cara ini)
  3. Sekarang buka software NLite yang sudah diinstall tadi.
  4. Pilih next
  5. Nah pada bagian kedua ini, sampeyan cari folder tempat file-file windows di copy-paste, kalo sampeyan pake cara kedua seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Sampeyan cukup mencari meng-klik drive tempat file image windows di mount (misalnya drive I). Nanti akan muncul keterangan dimana mau ditempatkan file-file windows tadi, silahken browse, kalo contoh saya, file windows tersebut saya letakkan di drive E dengan nama folder WINCOPI. Nanti otomatis si NLite akan mengkopi kan-nya, jadi tunggu aja bentar sampe keterang-keterangan di bawahnya keluar.
  6. Kalo sudah tekan Next.
  7. Nahhh disini sampeyan akan memilih, apa-apa aja yang mau di utak-atik, ada fungsi untuk meng-integrate (seperti menambahkan service pack, addons, driver), fungsi remove, Setup, dan create.

    Dalam kasus saya ini, saya ingin menambahkan updates windows sampe bulan agustus 2010, terus menambahkan driver SATA untuk laptop Acer 4530 saya, terus mau nambahin win media player 11, terus juga nambahin internet explorer 8.

    Nah, oleh karena itu saya tekan bagian hotfixes, addons, and update packs. Kemudian tombol drivers juga saya tekan tombolnya, lalu tak lupa pada bagian unattended, serta terakhir pada bagian bootable ISO. (pastikan kalo memilih tombolnya indikator lampu warna merah di sebelah kiri berubah jadi hijau, seperti gambar di bawah ntar).

    Apa sih pada bagian unattended ntuh? Itu biar kita bisa setting windows kita gak perlu minta serial number, nama, dll, pokoknya supaya pas instalansi gak minta macem-macem. Hehehehehe
  8. Kalo sudah tekan next lagi, nah silahken masukkan update-update tadi beserta software-software yang ingin di integrasikan. Kalo sudah tekan next lagi
  9. Kalo sampeyan menekan tombol driver (pas pilihan pertama tadi) maka akan silahken masukkan driver tambahannya (disini saya memasukkan driver SATA AHCI buat laptop acer 4530 saya. Kalo sudah tekan next lagi. Ntar ada tulisan Mau Di Proses? (di Indonesiakan secara ngarang hohohoho) maka pilih YES
  10. Tunggu bentar, ntu lagi proses....
  11. Klo udah pilih next lagi, naah di sini kita bikin bootable ISO-nya. Pada bagian label, isi dengan GRTMPVOL_EN, boleh sih di isi dengan yang laen, tapi saya gak pernah coba, hehehehe Terus tekan tombol make iso (ingat pilih ini jangan pilih Next, kalo bingung silahken liat gambar di bawah)
  12. Tunggu sampe proses selesai
  13. Kalo sudah baru tekan next.
  14. Yupsss... Windows Terupdate Anda sudah selesai....
Kalo mau dibikin CD bisa langsung burn hasil ISO-nya tadi, ingat nge-burn-nya pilih burn image ya. Tapi kalo mau di tes, silahken di test dolo, pake aja Virtual Box buat nginstall windows hasil update-an sendiri tadi. Nanti ada tutorialnya tentang install via virtual box. Sekarang cukup ini aja dulu.
bersulang

Oke deh, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kita semua...

Eitttsss, ane kelupaan dokumentasinya, wkwkwkwkw Ini ane urutkan gambarnya, bisa diliat di bawah dari awal sampe habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar